Minggu, 27 Agustus 2017

Festival Ngidam SGM Bunda, Persembahan SGM Untuk Para Bunda



Menjadi ibu adalah keniscayaan bagi seorang perempuan. Lain cerita ketika ada masalah sehingga perempuan tak kunjung menjadi ibu dari seorang anak. Anak yang benar-benar ia lahirkan dari rahimnya. Perempuan tetap bisa menjadi ibu, walau tidak mendapatkan kesempatan hamil dan melahirkan. 



Untuk menjadi seorang ibu, perempuan akan melewati momen hamil. Pada momen itulah biasanya dipenuhi dengan warna. Tidak melulu bahagia dan senang. Ada masa dimana hamil menjadi sangat berat dan melelahkan. Di trimester pertama hampir semua ibu hamil pasti mengalami mual dan muntah. Menurut penelitian, 7 dari 10 ibu hamil merasakan mual dan muntah. Itu satu hal yang wajar karena memang terjadi perubahan hormon. 

Namun kondisi mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil, tidak boleh didiamkan saja. Karena biasanya, ibu hamil yang mengalami mual dan muntah akan sulit mengkonsumsi makanan. Hal itu tentu saja akan berdampak pada kesehatan janin yang dikandung. Ibu hamil perlu banyak nutrisi agar janin bisa tumbuh dengan baik. 

Perbincangan soal ibu hamil dan keluhannya ini dibahas pada Media & Blogger Gathering (24/8) Festival Ngidam SGM Bunda yang diadakan di Aston Suite Kuningan. Dalam acara ini, hadir Dr. Med. dr, Damar Prasmusinto, SpOG (K), Tara de Thouars selaku Psikolog dan perwakilan dari Nutricia Sarihusada, Christina Natalia selaku Marketing Manager.



Menurut Dr. Damar, kondisi mual dan muntah yang dialami ibu hamil wajar terjadi. Namun, tidak bisa dianggap remeh juga. Ibu hamil harus tetap makan makanan yang bergizi untuk kebutuhan perkembangan janin. 

Ada data dari Riskesdas tahun 2013 yang menyebutkan kalau angka bayi kecil (kurang dari 2500 gram) di Indonesia mencapai 10,2%. Sedangkan bayi pendek (kurang dari 48 cm) mencapai 20,2%. Angka tersebut menunjukkan kalau masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Penyebab kekuragan nutrsi adalah pola makan yang tidak bergizi, ditambah dengan porsi yang kurang seimbang bagi kebutuhan ibu dan janin.


Untuk itulah, sangat penting jika ibu hamil mengontrol dan memahami nutrisi yang tepat ketika hamil. Termasuk ketika ngidam yang banyak juga dialami oleh ibu hamil. Dr. Damar mengatakan kalau ibu adalah sumber nutrisi bagi janin, sehingga kalau ibu sehat, janin pun sehat juga. 

Kebutuhan nutrisi seimbang dan kecukupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi, dan kalsium memiliki peran besar bagi pertumbuhan janin. Oleh karenanya, ketika dalam kondisi ngidam, disarankan untuk tetap memerhatikan kecukupan gizi. Terkadang, ngidam bagi ibu hamil sering kali dijadikan alasan untuk mengkonsumsi apa saja. Tidak memikirkan apakah makananitu punya nilai gizi yang cukup atau tidak.



Seorang Psikolog cantik, Tara mengatakan ketika masa ngidam, ibu hamil dianjurkan untuk mengontrol perubahan psikologis yang terjadi. Bagi yang pertama kali hami, mungkin akan sering dihinggapi rasa cemas dan khawatir. Hal itu dapat dipicu oleh berbagai faktor baik internal ataupun eksternal. Perubahaan psikologis sering kali berubah-ubah sesuai tahapan trimester kehamilan dan hal itu juga yang mejadi sebab terjadinya ngidam.





Menurut Tara, momen ngidam bisa dimanfaatkan untuk mengontrol emosi yang naik turun. Tidak cuma ngidam ingin makan makanan tertentu saja, tapi juga ngidam untuk dapat perhatian lebih dari pasangan. Sampaikan pada pasangan kalau ibu ingin dimanja dan diperhatikan. Sebagai rekan setia menjalani kehamilan, suami harus mendukung dan memahami agar ibu bisa menjalani masa kehamilan dengan sehat dan bahagia.

Festival Ngidam SGM Bunda 

Masa hamil dan ngidam sepertinya dua momen yang tidak bisa terpisahkan. Ketika ibu sedang hamil, biasanya akan muncul masa ngidam. SGM Bunda sebagai nutrisi pendamping bagi ibu hamil, berkomitmen untuk mendukung ibu hamil agar tidak kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Saat kebutuhan nutrisi ibu hamil tercukupi, maka bayi yang dilahirkan pun menjadi generasi yang sehat dan cerdas.


Menurut Christina Natalia selaku Marketing Manager Nutricia Sarihusada, saat ini SGM Bunda sedang menjalankan kampanye 'Nutrisi Lezat, Bunda Sehat'. Kampanye ini telah diselenggarakan di Surabaya dan berhasil memecahkan rekor MURI untuk jumlah foto USG ibu hamil terbanyak, yaitu mencapai 34.790. Kegiatan ini akan terus berlanjut hingga mencapai target yaitu 75.000 foto USG ibu hamil. 

Kota selanjutnya yang akan disambangi adalah Bekasi. Acara Festival Ngidam SGM Bunda akan diadakan di Summarecon Mall Bekasi pada tanggal 2-3 September 2017. Akan ada banyak aktivitas gratis yang bisa diikuti oleh ibu hamil seperti senam hamil, edukasi laktasi, berbagai workshop, hingga demo masak.



Dalam Festival Ngidam SGM Bunda, ibu hamil dan ayah juga bisa berkonsultasi seputar kehamilan dan pemenuhan nutrisi. Ada talkshow edukatif bersama para ahli seperti Dr. Damar dan artis yang juga seorang ayah, Dude Herlino. Akan hadir juga pakar perencana keuangan, Prita Ghozie yang akan berbicara tentang Perencanaan Keuangan Dalam Menyambut Persalinan. 

Ibu hamil atau yang sedang merencakana kehamilan bisa hadir dalam acara Festival Ngidam SGM Bunda di Summarecon Mall Bekasi. Acaranya lebih meriah dengan hadirnya banyak booth-booth yang bisa memanjakan para ibu hamil. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar